Tuesday, April 9, 2013

ARSITEKTUR SOFTWARE PADA SISTEM OPERASI SISTEM TERDISTRIBUSI


Sistem operasi terdistribusi sejati memiliki arsiitektur software yang unik. Arsitektur software ini dikarakterkan dalam objek di dalam hubungan antara klien dan server. Proses-proses yang terjadi di klien menggunakan remote procedure yang memanggil dan mengirimkan request ke server untuk memproses data atau objek yang dibawa. Tiap objek yang dibawa memiliki karakteristik yang disebut sebagai kapabilitas.
Kapabilitas ini besarnya adalah 128 bits. 48 bits pertama menunjukkan servis mana yang memiliki objek tersebut. 24 bits berikutnya adalah nomor dari objek. 8 bits berikutnya menampilkan operasi yang diijinkan terhadap objek yang bersangkutan. Dan 48 bits terakhir merupakan “check field” yang merupakan field yang telah terenkripsi agar tidak dapat dimodifikasi oleh proses yang lain.
Operasi diselesaikan oleh RPC (remote procedure calls) yang dibuat oleh klien di dalam proses yang kecil dan ringan. Proses dengan tipe seperti ini memiliki bidang alamat sendiri, dan bisa saja memiliki satu atau lebih hubungan. Hubungan ini ketika berjalan memiliki program counter dan stack sendiri, tetapi dapat saling berbagi kode dan data antara hubungan lain di dalam proses. Ada 3 macam basis panggilan sistem yang dapat digunakan dalam proses yang dimiliki user, yaitu do_operation, get_request, dan send_reply.
Bagian yang pertama mengirimkan pesan ke server, setelah proses memblok sampai server mengirimkan balasan. Server menggunakan panggilan sistem ke dua untuk mengindikasikan bahwa server akan menerima pesan pada port tertentu. Server juga menggunakan panggilan sistem ke tiga untuk mengirimkan kembali informasi ke proses yang dipanggil.
Dengan dibangun dari perintah sistem yang primitif, maka sistem ini menjadi antarmuka untuk program aplikasi. Hal ini diselesaikan oleh tingkat dari pengarahan yang mengijinkan pengguna untuk berfikir terhadap struktur ini sebagai objek dan operasi-operasi terhadap objek ini.
Berhubungan dengan objek-objek adalah class. Kelas dapat berisi kelas yang lain dan juga hierarki secara alami. Pewarisan membuat antarmuka objek untuk implementasi manipulasi objek seperti menghapus, membaca, menulis, dan sebagainya.

Architectural Models
Bagaimana cara kerja sistem terdisribusi antara komponen - komponen sis-tem dan bagaimana komponen tersebu berada pada sistem terdistribusi :
² Client - Server Model
² Proxy Server
² Peer processes ( peer to peer )
Client - Server Model
Sistem yang terdiri dari kumpulan2 proses disebut dengan server, dan mem-berikan layanan kepada user yang disebut dengan client.
Model client-server biasanya berbasiskan protokol request/reply. Contoh
implementasi nya, atara lain: RPC (Remote Procedure Calling) dan RMI
(Remote Method Invocation) :
² client mengirimkan request berupa pesan ke server untuk mengakses
suatu service.
² server menerima pesan tersebut dan mengeksekusi request client dan
mereply hasil ke client




Proxy Server
Proxy server menyediakan hasil copy (replikasi) dari resource yang di atur
oleh server lain
Biasa nya proxy server di pakai untuk menyimpan hasil copy web re-sources. Ketika client melakukan request ke server, hal yang pertama di-lakukan adalah memeriksa proxy server apakah yang dimita oleh client ter-dapat pada proxy server.
Proxy server dapat diletakkan pada setiap client atau dapat di pakai
bersama oleh beberapa client.
Tujuannya adalah meningkatkan performance dan availibity dengan mence-gah frekwensi akses ke server.
Peer Process
Semua proses (object) mempunyai peran yang sama.
² Proses berinteraksi tanpa ada nya perbedaan antara client dan server.
² Pola komunikasi yang digunakan berdasarkan aplikasi yang digunakan.
² Merupakan model yang paling general dan ‡eksible.

Sumber

http://ilmukomputer.com
http://caklaser.files.wordpress.com/2012/10/sistem-operasi-terdistribusi.ppt
http://www.fk.unair.ac.id/pdfiles/SISTEM%20TERDISTRIBUSI.pdf